Jelang ADWI, Masyarakat Buwun Sejati Bersih Bersih Tempat Wisata

  • May 30, 2022
  • Admin Desa Buwun Sejati

Narmada, Diskominfotik – Desa Wisata Buwun Sejati merupakan salah satu perwakilan Nusa Tenggara Barat bersama Desa Wisata Loang Baloq dalam ADWI. Dua Desa Wisata ini berhasil hingga 50 Besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Prestasi membanggakan Desa Wisata Buwun Sejati ini membangkitakan semangat masyarakat desa Buwun Sejati agar lolos dalam penilain selanjutnya sehingga dapat memperoleh ADWI. Semangat masyarakat bersama Pokdarwis dan Perangkat Desa Buwun Sejati terlihat dalam kegiatan gotong royong bersih bersih lokasi wisata yang dilaksanakan Jumat, 27 Mei 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membersihkan lokasi wisata serta membangkitkan semangat masyarakat desa buwun sejati. Hal ini disampaikan oleh Kades Buwun Sejati Muhidin, S.Ag di sela sela kegiatan gotong royong bersih bersih lokasi wisata. Menurutnya lokasi wisata ini sudah memberikan manfaat yang besar bagi desa dan masyarakat desa buwun sejati. Sehingga tempat wisata ini harus dijaga dan dipelihara bersama sama oleh semua masyarakat.

“Kegiatan bersih bersih ini menjadi cara kita untuk menjaga dan memelihara destinasi wisata desa yang masih alami dan asri ini” ujarnya.

Kegiatan bersih bersih ini diharapkan dapat membangkitkan semangat semua pihak untuk bersama sama dan saling membahu dalam menjaga destinasi wisata di desa Buwun Sejati. Dengan kebersamaan dan gotong royong tentu desa wisata buwun sejati akan semakin maju dan berkembang desa pesat. Terlebih saat ini desa wisata buwun sejati masuk dalam 50 besar ajang ADWI. I berharap agar desa wisata buwun sejati dapat memenangkan ADWI sehingga desawisata buwun sejati semakin dikenal masyarakat.

Menurutnya desa wisata buwun sejati yang memiliki dua destinasi alam andalan yaitu Taman Wisata Aik Nyet dan Taman Wisata Bunut Ngengkang telah mendorong masyarakat untuk mengembangkan berbagai saran dan prasarana untuk menunjang desa wisata. Seperti Homestay, kuliner, seni tradisional, dan souvernir serta ekonomi kreatif masyarakat desa. Masyarakat sejak lama telah mulai membuat kopi aik nyet yang merupakan kopi khas buwun sejati selain itu juga masyarakat juga berjualan kuliner sate bulayak dan kuliner khas lombok lainnya seperti pelecing kangkung.

“Tentu ini semua terus bergerak karena adanya destinasi unggulan yang kita miliki. Ekonomi kreatif bergerak dan para pemuda juga bergerak efek dari keberadaan desa wisata buwun sejati”ujarnya.

Kegiatan bersih bersih tempat wisata yang berlangsung dalam suasana alam yang asri dan sejuk ini, selain dilakukan oleh masyarakat buwun sejati, pokdarwis, perangkat desa juga dilakukan oleh ASN kabupaten Lombok Barat. Hal ini dalam rangka mendukung desa wisata buwun sejati agar selalu asri dan nyaman sehingga memperoleh juara dalam ADWI. (Tim IKP)