Desa Buwun Sejati Raih Lima Besar Kategori Desa Wisata Rintisan ADWI 2022

  • Nov 04, 2022
  • Admin Desa Buwun Sejati

Desa Wisata Buwun Sejati berhasil meraih posisi lima besar kategori Desa Wisata Rintisan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADW) 2022. Penghargaan diserahkan oleh Budie Arie Setiadi, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI kepada Ketua Pokdarwis Desa Buwun Sejati, Saefudin Zohri di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2022) malam.

“Saya merasa bangga dan terharu bisa mewakili Desa Buwun Sejati untuk menerima piala penghargaan di panggung megah ini. Alhamdulillah Desa Buwun Sejati mendapat Juara Harapan 2 Kategori Desa Rintisan. Semoga kedepannya Desa Buwun Sejati bisa menjadi desa berkembang dari desa rintisan,” ungkap Saefudin.

Senada dengan Saefudin, Kepala Desa Buwun Sejati Muhidin mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi Desa Buwun Sejati. Menurutnya, capaian ini menjadi cerminan untuk menjadi lebih maju lagi.

“Saya yakin desa yang maju akan berdampak kepeningkatan ekonomi masyarahatnya,” ujarnya.

Desa Buwun Sejati merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat yang memiliki potensi yang luar biasa.

Adapun potensi tersebut di antaranya wisata Alam Aik Nyet, Wisata Alam Bunut Ngengkang, Air Terjun Tibu Atas, Wisata Bendungan Jangkok, dan Lainnya. Dari segi budaya Buwun Sejati juga memiliki musik Tradisional Baleganjur, Sanggar Tari, Wayang Kulit, dan sebagainya. Dari segi kuliner Buwun Sejati memiliki Sate Bulayak. Sedangkan dari segi kerajinan Buwun Sejati memiliki Dulang Kayu. Dan Anyaman Ketak.

Melihat potensi yang luar biasa tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat menobatkan Desa Buwun Sejati sebagai Desa Wisata Pioner dan File Project untuk Lombok Barat.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat H. M. Fajar Taufik mengatakan, ini adalah tahun kedua desa di Kabupaten Lombok Barat masuk dalam 50 desa wisata terbaik di seluruh Indonesia dalam kompetisi ADWI yang digelar Kemenparekraf.

“Pada ADWI 2021 lalu, Desa Sesaot dinobatkan sebagai juara 4 pada kategori penerapan CHSE. Alhamdulillah tahun ini Lombok Barat melalui Desa Buwun Sejati berhasil meraih penghargaan pada kategori Desa Wisata Rintisan,” kata Fajar Taufik usai acara.

Ia berharap, melalui prestasi di ADWI ini bisa jadi pemicu pariwisata yang lebih baik lagi bagi Kabupaten Lombok Barat.

“Semoga ini menjadi motivasi dan semangat bagi desa wisata lain untuk lebih mengembangkan semua potensi yang dimiliki. Dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Bupati, Ibu Wakil Bupati, seluruh asisten dan kepala OPD serta pihak-pihak lain yang telah berkolaborasi membantu sehingga tercapai penghargaan bagi Desa Wisata Buwun Sejati,” lanjutnya.

Di Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 kemarin, Menteri Sandiaga Uno menyampaikan ucapan selamat kepada 50 desa wisata terbaik penerima penghargaan. Kelima puluh desa wisata ini berhasil menjadi yang terbaik dari lebih 3.419 desa wisata yang berpartisipasi dalam ajang ADWI tahun ini.

"Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada 3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI 2022 dari 34 provinsi. Saya ingin memberikan apresiasi khusus kepada para pemerintah daerah, kepala daerah yang telah menggali potensi desa wisata ke depannya. Mari sama-sama mewujudkan Indonesia sebagai negara terindah, mari kita kembangkan desa wisata," kata Mas Menteri Sandiaga Uno dalam sambutannya.

Dalam ajang ADWI ini terdapat tujuh aspek penilaian untuk desa terbaik. Di antaranya, desa wisata terbaik kategori Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Toilet Umum, Souvenir, Digital dan Kreatif, CHSE, dan Kelembagaan. Serta empat kategori tambahan Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, dan Desa Wisata Kelembagaan.

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah uang tunai untuk pengembangan desa. Desa wisata juara harapan 2 mendapat hadiah sebesar Rp 15 juta, juara harapan 1 mendapatkan Rp 20 Juta, juara 3 Rp 25 juta, juara 2 Rp 30 juta, juara 1 Rp 40 juta, dan desa wisata terfavorit memperoleh hadiah sebesar Rp 50 juta.