Website Desa Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Masyarakat

  • by Admin Desa Buwun Sejati
  • Sep 16, 2021

Untuk menyebarluskan informasi tentang desa hingga mancanegara,  Forum Sekretaris Desa Kecamatan narmada menggelar pelatihan website desa untuk administrasi, pelayanandan informasi. Pelatihan ini dilaksanankan di Aula Kantor Desa Mekar Sari, 16 September 2021. Pelatihan yang berlangsung selama satu hari ini dihadiri oleh Para Sekdes dan operator Desa se-kecamatan Narmada.

Dalam pembukaan pelatihan ini, Sekretaris Camat Narmada Hj. Sri Rahayu menyambut baik pelatihan ini. Menurutnya pelatihan ini dapat memberikan bekal bagi desa untuk dapat menyebarluaskan informasi tentang desa hingga mancanegara. Ia berharap melalui pelatihan ini desa dapat memperkenalkan potensi unggulannya hingga ke mancanegara. Hal ini tentu akan membuat potensi desa yang ada di wilayah narmada dikenal sehingga dapat memberikan manfaat. "Kita berharap desa dapat memanfaatkan website desa untuk menyebarluaskan informasi tentang potensi desa dan kegiatan yang dilaksanakan di desa" ujarnya.

Sementara itu Ketua Forum Kepala Desa Narmada H.M. Zaenudin mengatakan desa perlu untuk mengembangkan kemampuan dalam menyebarluaskan informasi. Karena era digital saat ini menuntut desa untuk terus berbenah mempersiapkan diri agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Ia berharap pelatihan ini dapat memberikan kontribusi untuk peningkatan SDM pengelola konten dan website desa. "Kami berharap agar pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi penyebarluasan informasi desa sehingga dapat dibaca oleh masyarakat di seluruh dunia" ujarnya.

 

Pelatihan ini sendiri didukung penuh oleh Dinas Kominfotik Lombok Barat. Dalam pelatihan ini narasumber berasal dari Diskominfotik yaitu Kepala seksi Pengembangan Aplikasi Sumirah, ST, MT dan tim Bidang Aptika yang menyampaikan materi tentang website desa, email desa dan aplikasi persuratan digital srikandi. Sementara itu materi tentang teknik penulisan berita, konten website dan PPID disampaikan oleh Arief Rachman, S.IP Kasi Layanan Publik Diskominfotik