Word Clean Up Day

  • by Admin Desa Buwun Sejati
  • Sep 18, 2021

Tanggal 18 September 2021 diperingati sebagai hari bersih-bersih sedunia, yang dikenal dengan sebutan World Cleanup Day (WCD). World Cleanup Day adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan planet bumi.
World Clean up Day 2021 dengan tema Bersih-Bersih serentak di semua Desa, Desa Buwun Sejati kali ini mengambil tempat di Kawasan Wisata Aik Nyet untuk  dijadikan pusat kegiatan bersih-bersih dimana dalam kegiatan ini melibatkan Pemdes Buwun Sejati beserta perangkat, Pokdarwis, PKK, dan pengelola wisata.
Peringatan WCD ini juga diharapkan sebagai momentum untuk melakukan kegiatan bersih-bersih tidak hanya di Daerah wisata tetapi juga dilingkungan masing-masing.
World Cleanup Day juga merupakan aksi yang sejalan dengan kampanye dari pemerintah Propinsi yaitu Zero Waste. Hadirnya WCD diharapkan menjadikan aksi penguat yang dapat terus membantu pemerintah untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia bersih.
Faktanya, belum banyak yang tahu tentang gerakan bersih-bersih ini, terutama di Desa Buwun Sejati. Lima tahun belakangan, Indonesia mulai aktif bergabung dan berkontribusi dalam gerakan WCD, dan menarik sejumlah relawan untuk bergabung serta melakukan kegiatan bersih-bersih di beberapa daerah di Indonesia.
Semoga kedepannya kegiatan seperti harus lebih digiatkan di Desa Buwun Sejati dan semua Desa yang ada di Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang asri dan bersih.