Wisata Alam Aik Nyet

  • May 25, 2022
  • Potensi Alam

Potensi Alam Desa Buwun Sejati

Selain terkenal dengan budaya dan beragam peninggalan sejarah, Desa Buwun Sejati juga memiliki wisata air yang beragam, mulai dari air terjun hingga pemandian. Nah, salah satu pemandian alami yang pantut Anda masukan dalam daftar kunjungan wisata ke Buwun sejati adalah Aik Nyet. Tempat wisata alam yang cocok untuk relaksasi ini berada di Desa Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.

Bagi Anda yang baru datang pertama, pasti akan dibuat terkesima dengan suasananya yang begitu menyegarkan. Hutan rindang nan hijau menjadi ciri khas daerah ini sekaligus menjadi suguhan pemandangan yang menyejukan mata. Kono, terdapat hampir 6 hektar Hutan dan 43 persen diantaranya merupakan buatan, sedangkan sisanya masih alami.

Usai melewati kawasan hutan, Anda akan dihadapkan pada pemandaian mata air yang tentu menjadi ‘inti’ dari wisata Aik  Nyeot Sesaot. Pemandaian yang berada di dalam hutan itu airnya begitu dingin, sehingga dalam bahasa Sasak disebut Aik Nyet (air dingin). Meski dengin, ternyata tak menyurutkan niat para pengunjung untuk berendam di dalamnya. Sebalinya, para turis ingin menjajal sensasi berendam di mata air yang bersumber dari Gunung Rinjani tersebut.

Bukan hanya pemandian saja rupanya yang menjadi daya tarik di Aik Nyet, melainkan juga aliran air sungai Aik Nyet. Dengan kondisi arus yang relative aman dipadu air yang dingin membuat banyak pengunjung juga ingin menjajal sensasi mencebur ke sungi Aik Nyet.

Puas menjelajah Aik Nyet, kini saatnya memanjakan perut. Di sekitar pemandian ini terdapat pula beragam warung yang menjajakan kuliner daerah mulai dari soto, sate bulayak, juga makanan khas Lombok lainnya.