BUWUN SEJATI TERPILIH OLEH KEMENPAREKRAF DALAM KEGIATAN KAMPANYE SADAR WISATA 5.0 TAHUN 2024

  • Mar 08, 2024
  • Admin Desa Buwun Sejati

Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0 hasil kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dengan Bank Dunia kali ini dilaksanakan di Desa Buwun Sejati Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. 
Jum'at, 08/3/2024 dilaksanakan Forum Group Discusion (FGD) Kampanye Sadar Wisata 5.0. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa yang di hadiri oleh Ketua Tim Pokja Pemberdayaan Masyarakat Kemenparekraf RI, Tenaga Ahli, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Pemdes, Lembaga Desa, Pelaku UMKM, Pelaku Seni, Budayawan, serta semua eleman masyarakat lainnya yang ada di Desa Buwun Sejati.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 yang di laksanakan tahun 2023 lalu. Tahun 2023 sendiri Kemenparekraf melakukan Kegiatan Sosialisasi di 90 Desa diseluruh Indonesia, dan dari 90 Desa tersebut terpilih 10 Desa diseluruh Indonesia yang mendapatkan Pendamping langsung oleh Kemenparekraf, salah satunya yaitu Desa Buwun Sejati Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.
Tentunya pada saat sambutan Kepala Desa Buwun Sejati mengucapkan banyak terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah memilih Desa Buwun Sejati sebagai lokasi untuk melakukan pendampingan, sungguh ini suatu kebanggaan bagi kami, karena dari 90 Desa yang ikut, 10 Desa yang terpilih, salah satunya Desa kita, Desa Buwun Sejati. Papar Muhidin dalam sambutannya.
Tidak hanya itu, Kepala Desa Peraih 100 Top Pemimpin Pembawa Perubahan Indonesia Tahun 2023 ini juga berharap, dengan adanya kegiatan ini, dapat mendorong semangat dan kolaborasi masyarakat dalam mengembangkan wisata yang ada di Desa. Wisata ini tidak akan maju jika kita tidak mau kolaborasi. Laniut Muhidin.
Sementara Ketua Tim Pokja Pemberdayaan  Masyarakat Regional I Kemenparekraf RI, Ibu Elly Yuniardi mengucapkan banyak terima kasih kepada semua peserta yang hadir, khususnya Local Champion yang terpilih. Local Champion (LC) ini akan mendapatkan pendampingan setiap bulan mulai bulan ini sampai bulan agustus 2024. Dan tentu Desa Buwun Sejati harus bersyukur terpilih dalam kegiatan ini. Banyak Desa yang ingin dalam kegiatan ini, hanya saja Buwun Sejati dipertimbangkan karena telah menang dalam ADWI 2022. Jelas Elly dalam sambutannya.
Senada dengan Kepala Desa  Buwun Sejati, Ahli Kampanye Sadar Wisata 5.0 Wahyu Dwi Jaya mengungkapkan kemajuan sebuah Wisata harus keterlibatan dari semua pihak, tidak cukup dengan mengandalkan Pemerintah Desa dan Pokdarwis saja, namun semua unsur harus sadar dan peduli akan kemajuan Wisata Desa. Tutur Wahyu.
Tidak hanya itu Destha Titi Raharjana selaku Narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan kita sudah menunjuk 15 orang untuk menjadi Local Champion. Melalui para local champion yakni para kader penggerak sadar wisata, desa-desa wisata juga dijembatani untuk menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak seperti akademisi, kalangan industri, hingga memperluas akses pemasaran maupun pembiayaan guna memastikan optimalnya dampak positif KSW 5.0. Terang Dhesta. 
Selain itu, di Sesi Diskusi Dhesta dan juga Wahyu menggali permasalahan dan kebutuhan yang ada di Wisata Desa Buwun Sejati untuk kemudian dipecahkan permasalahannya dan akan ditinjaklanjuti dalam bentuk pelatihan dan pendampingan-pendampingan. FR