DESA WISATA BUWUN SEJATI TERIMA PENINGKATAN SDM DENGAN TEMA SOSIALISASI SADAR WISATA 5.0

  • Jun 09, 2023
  • Admin Desa Buwun Sejati

Untuk kedua kalinya, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan kegiatan kepariwisataan di desa wisata Buwun sejati. Kali ini bertemakan "Sosialisasi Sadar Wisata" yaitu dengan pokok pembahasan sapta pesona, pelayanan prima dan CHSE, dengan narasumber Dinar Sukma Pramesti S.T, M.T (Dosen Politeknik International Bali) dan DR. Sri Susanty S.Par, M.Par (Dosen STP Mataram). 

Acara tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna Desa Buwun Sejati yang dihadiri oleh Kementrian Pariwisata, Dinas pariwisata Lombok Barat, Camat Narmada, Kepala Desa dan para peserta pelatihan lainnya. (Rabu, 07 juni 2023).

Dengan dihadiri ratusan peserta, acara tersebut berlangsung cukup meriah. Tari Kembang Sembah menjadi pembuka acara kemudian baru dilanjutkan dengan menyanyikan lagu indonesia raya. Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 merupakan bagian dari rangkaian besar Kampanye Sadar Wisata 5.0 yang dilaksanakan Kemenparekraf. Sebanyak 4 Desa Wisata (Buwun Sejati, Meninting, Senggigi, Sekaroh) dari 20 Desa yang mejadi Lokal Champion berlangsung pada hari Rabu kemarin.

Sambutan pertama disampaikan oleh Kadis Pariwisata Lobar, Fajar Taufik dan dalam sambutannya, beliau memaparkan beberapa prestasi yang diraih oleh Lombok Barat dibidang Pariwisata, dimana Lombok Barat telah menyabet trible winner di ajang Anugrah Desa Wisata (ADWI) dan Buwun Sejati menjadi salah satu Desa yang mendapat perhargaan tersebut di tahun 2022. Dengan diadakan acara Sosialiasi Sadar Wisata ini beliau berharap masyarakat tergerak untuk memajukan Pariwisata dengan cara selalu berkolabari dengan semua steakholder yang ada, baik itu Pemerintah, Pengelola Wisata, UMKM, LinMas, Kades, PKK dan semua masyarkat yang ada diDesa Buwun Sejati.
Kekuatan pariwisata saat ini berada di wilayah pedesaan, sehingga hal paling mendasar dan diperlukan dalam mewujudkan pariwisata berkualitas adalah standar pelayanan yang prima sebagai tuan rumah," ujar Fajar Taufik dalam acara tersebut.
H.M. Fajar Taufik mengajak seluruh peserta memanfaatkan dengan baik kesempatan mengikuti Sosialisasi Sadar Wisata 5.0. Dia mengimbau segenap pihak bersama aparat desa wisata memikirkan bersama potensi yang dapat dikembangkan untuk pariwisata. Tambahnya.
Sejalan dengan hal itu, Direktur Pengembangan SDM Pariwisata, Florida Pardosi kembali menyoroti tingginya potensi desa wisata. Florida menyakini desa wisata memiliki daya tarik yang kuat bagi wisatawan.

Butet sapaan akrabnya menyakini desa wisata memiliki daya tarik yang kuat bagi wisatawan. Partisipasi warga yang bersifat inklusif juga menjadi salah satu perhatian program ini, di mana kegiatan sosialisasi diarahkan untuk melibatkan kaum laki-laki maupun perempuan dalam proporsi yang setara. Setelah memaparkan beberapa arahan Bu' Direktur Resmi membuka acara tersebut.
Selanjutnya acara dilanjutkan pemberian Materi tentang Sapta Pesona dan Pelayanan Prima.
Diakhir acara Kepala Desa Buwun Sejati berharap dengan diadakan acara ini, kedepannya Masyarakat lebih aktip lagi dalam membangun Desa secara bersama-sama, karena saya tidak akan bisa bekerja sendirian tanpa adanya dukunga dari semua elemant.
Sosialisasi Sadar Wisata sangat penting guna mempersiapkan masyarakat di Desa Buwun Sejati dalam menyambut pengunjung, agar wisatawan mendapatkan pengalaman yang berkesan. Tambahnya.